Selasa, 11 November 2008

Eksotisme Paris van Java di malam hari


Waktu itu ada permintaan dari bang Anas
(www.kalimantanku.blogspot.com) yang
meminta saya sebagai owner dari
mencobahidup.blogspot.com
untuk memuat foto kota bandung
beserta isinya. Saat itu saya fikir
gampang-gampang susah juga
yah permintaan dari orang borneo ini,
gampang yah karena saya sedang berada
dan memang tinggal di bandung. Sulitnya
permintaan tersebut karena foto koleksi kota
Bandung khususnya yang mewakili bandung
bangets itu kalau saya nilai yah jelek
alias saya sangat tidak puas.

Cuaca yang tidak bersahabat
juga menjadi faktor penghambat
utama untuk hunting foto baru, sehingga
hunting foto pun sering gagal.

Pagi dan sore hari yang cerah
Adalah favorit para fotografer untuk hunting
karena pada waktu-waktu tersebut
bisa menambah keindahan objek yang
dibidik di luar ruang(outdoor) sehingga
kedua waktu ini disebut golden time.

Night Photography

Setelah difikir panjang lebar
akhirnya tercetuslah ide untuk
mengambil foto di malam hari.
Tapi tentunya night photography
ini memerlukan latihan khusus
karena guncangan kecil pada
kamera dapat berakibat objek
foto semuanya kabur (blur).

Alhamdullilah setelah beberapa
kali latihan dan experimen akhirnya
skill night photography saya bisa
saya kuasai walau masih sangat minim,
tapi tidak terlalu buruk lah. Dan untuk tempat
pengambilan objek fotonya saya fikir kawasan
Braga dan sekitarnya lah yang paling pas karena
kawasan Braga dan sekitarnya ini menjadi
ciri khas (trade mark) kota bandung
yang sangat bersejarah bukan hanya
untuk warga Bandung tetapi juga
warga kawasan Asia dan Afrika.


Jantung Kota Bandung Sisa Kolonial

Menurut beberapa literatur pada zaman kolonial
Belanda(holland), Bandung bagian utara
dikuasai oleh pemerintah
kolonial Belanda sedangkan
Bandung bagian selatan dikuasai
oleh bangsa Indonesia. Itulah mungkin
di wilayah Bandung atas terdapat begitu banyak
gedung peninggalan Belanda.

Sampai sekarang sisa-sisa peninggalan
zaman kolonial ini masih berdiri kokoh
dan indah. Tapi ada juga sebagian bangunan
saksi sejarah ini yang kurang terawat.

Paris van Java

Istilah Paris van java tercetus dari
Seseorang sewaktu konferensi
Asia Afrika di Gedung Merdeka.
yang melihat kemolekan
kawasan Braga dan sekitarnya ini
mirip dengan kemolekan kota Paris.

Konon gedung-gedung dengan
Arsitektur yang begitu Indah ini didukung
oleh lampu-lampu yang sangat terang.



Fasilitas Lengkap untuk Menyambut Delegasi

Kawasan Braga ini memang lengkap
untuk menjamu para delegasi Asia Afrika.
Dua hotel besar dengan desain artdeco,
cafe dan fasilitas hiburan lainnya tersedia di
jalan Braga, fasilitas kebutuhan pangan
tersedia di jalan ABC (nama jalan sekarang).

Dibalik keindahan semua itu
ada yang sekarang mengganjal
di hati saya yaitu seperti perawatan dan peruntukan
gedung sekarang masih kurang dan kurang tepat seperti
didirikannya mall di kawasan bersejarah ini.




Silakan kritik dan edit jika ada kesalahan Pada text ini

6 komentar:

Anonim mengatakan...

mas foto nya bagus2 bgt.suer.knp gak dr dulu aja hunting fotonya n memajang nya di blog ini.
hebat ya, bisa ngambil foto dimalam hari.trus kilatan lampu2 mobil dll nya kena bgt lho.
byk kok objek menarik di bandung yg oke punya kalo di foto.walopun mencari objek alam agak susah.tonjolin aja sisi bandung yg agak bergaya klasik yg gak semua kota punya.
bravo bandung bravo mencoba hidup...!

Anonim mengatakan...

oh iya ketinggalan.makasih ya udah memenuhi atensi saya minta foto2 bandung.makasih juga udah masukin nama n blog saya di postingan ini.lumayan buat promosi in blog.he....
saya tunggu foto2 lainnya...

Ivana mengatakan...

Siip!!fotonya keren!!harus berguru ni?hehehe...

dee mengatakan...

ternyata bandung tuh indah ya klo di foto.. beberapa bulan lalu sy ke bandung.. udah ga kepikiran liat sekeliling coz saat itu panas bgt

Anonim mengatakan...

Jepretannya keren :)

Saya jadi mendadak kangen PVJ Bandung....

Terus menjepret bung!

mencobahidup mengatakan...

ok terima kasih untuk semua pengunjung.aduh pvj mall bukan?bandung sekarang gak sedingin kayak dulu lagi, walikotanya punya hobi menebang pohon sembarangan